Allah, Pernikahan dan Alam Semesta

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan, adalah istri yang membantu suaminya dalam urusan akhiratnya”. (Al-Hadits)

Dari ungkapan nabi SAW tersebut terlihat, baik dunia maupun perempuan adalah perhiasan bagi laki-laki, yang seharusnya selalu setia melengkapi. Ada sebuah “Al-Haqq” yang akan dibuka dalam ikatan pernikahan, apabila seorang laki-laki sungguh-sungguh mencari Allah.

Pencarian akan Allah tersebut mestinya akan berbuah tanda-tanda, semakin dia dekat kepada Allah maka akan semakin dia melihat “keadaan Allah” (melihat Allah dengan pandangannya). Seorang laki-laki akan mengidentifikasi Allah, dan seorang perempuan (istri) akan mengidentifikasi alam semesta, sehingga terlihat sebuah pola hubungan antara Allah dengan alam semesta sebagai ciptaan-Nya.

Perempuan, dalam arti yang sejati merupakan sesuatu yang keluar dari laki-laki. Begitupun alam semesta, ia merupakan sesuatu yang keluar dari sisi-Nya. Ketika seorang laki-laki dirahmati Allah dengan musyahadah (=penyaksian tentang Allah), maka dia diberi mata yang juga mata-Nya, dalam pengertian bahwa pandangannya sesuai dengan cara Allah memandang alam semesta.

Kesadaran pandangan ilahiyah terhadap ciptaan-Nya diberikan dalam sebuah mekanisme hubungan pernikahan. Jadi ketika seorang laki-laki menikah secara benar dengan seorang perempuan, dengan pasangan yang benar, maka hal ini akan membuka rahasia hubungan antara Allah dengan alam semesta. Penataan secara ‘benar’ (haqq) dalam hubungan pernikahan ini akan membuka rahasia tersebut.
[*] Dari kajian Hikmah Al-Qur’an

2 thoughts on “Allah, Pernikahan dan Alam Semesta

  1. Alhamdulillah, saya sudah menikah dengan perempuan, hehe. Kalau Akang sudah apa belum? Kalau sudah, alhamdulillah lagi. Kalau belum, napa kok pake lama2? Soalnya, nikah itu enaknya cuma sedikit. Yang lain, uenaak sekalii..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s